Minggu, 31 Januari 2010
PASAR
Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli dan melakukan transaksi jual beli. Pengertian lain pasar adalah suatu kegiatan yang terjadi timbal balik antar penjual dan pembeli.
Jenis –Jenis pasar :
Menurut Wujudnya :
• Pasar Nyata (konkrit) : terlihat barangnya , terlihat penjual dan pembelinya, secara nyata terlihat transaksi antara keduanya.
• Pasar Abstrak : yakni pasar yang hanya memajangkan contoh barangnya saja.Bisa terjadi di dunia maya seperti amazon.com
Menurut Waktunya :
• Pasar harian
• Pasar mingguan
• Pasar bulanan
• Pasar tahunan
Menurut ruang lingkupnya :
• Pasar lokal
• Pasar dalam negeri
• Pasar regional
• Pasar internasional
Bentuk-bentuk pasar dapat diklasifikasikan sebagai :
• Pasar Persaingan Sempurna
• Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar Persaingan Sempurna
Yaitu pasar dengan karakteristik :
• Banyak pembeli dan penjual
• Barang bersifat homogen
• Pembeli bebas membeli produk
• Pembeli dan penjual memiliki informasi sempurna tentang pasar
• Produsen/penjual bebas keluar masuk
Kelebihan pasar persaingan sempurna
• Biaya setup tidak mahal sehingga penjual mudah keluar dan masuk pasar
• Barang tersedia banyak
• karena informasi cukup, penjual dan pembeli mencapai kepuasan maksimal
Kelemahanya :
• Penjual tidak bisa memaksimalkan harga karena ditentukan pasar
• Hanya ada dalam kondisi perekonomian ideal
Pasar persaingan tidak sempurna
Pasar Oligopoli
Yaitu pasar dimana penawaran satu jenis barang dilakukan hanya oleh beberapa perusahaan saja. Contohya : pelaku pasar telekomunikasi (operator telepon seluler)
Ciri-ciri pasar oligopoli
• Banyak pembeli
• Hanya beberapa penjual
• Barang bisa homogen atau heterogen
• Ada saling ketergantungan
• Ada hambatan untuk masuk pasar (barrier to entry)
• Penggunaan iklan yang intensif
Pasar Monopoli
Penawaran satu atau beberapa jenis barang hanya oleh satu perusahaan saja. Contoh : PLN untuk listrik, PT Pos Indonesia utk jasa pos.
Ciri-cirinya :
• Terdapat banyak pembeli
• Terdapat satu penjual
• Hambatan masuk pasar
• Produk monopolinya tidak ada substitusinya
Pasar Duopoli
Penawaran satu barang dikuasai oleh dua perusahaan saja.
Persaingan Monopolistic
Adalah pasar dengan banya penjual yang menawarkan satu jenis barang dengan deferensiasi prouk yang berbeda-beda dari segi kualitas, bentuk dan ukuran .Contoh indutri farmasi
• Terdapat banyak penjual
• Jenis barang yang dijual berbeda
• Produsen dapat mempengaruhi harga
• Produsen lain mudah memasuki pasar.
• Promosi penjualan aktif
Oligopsoni
Adalah pasar dimana pembelian suatu barang dilakukan oleh beberapa perusahaan. Contoh perushaan telekomunikaai saat membeli infrastruktur telekomunikasi
Monopsoni, hanya satu pembeli sehingga bisa menentukan harga.contoh KAI membeli infrastrukstruktur kereta api
Duopsoni , pembeli hanyalah dua perusahaan .
Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli dan melakukan transaksi jual beli. Pengertian lain pasar adalah suatu kegiatan yang terjadi timbal balik antar penjual dan pembeli.
Jenis –Jenis pasar :
Menurut Wujudnya :
• Pasar Nyata (konkrit) : terlihat barangnya , terlihat penjual dan pembelinya, secara nyata terlihat transaksi antara keduanya.
• Pasar Abstrak : yakni pasar yang hanya memajangkan contoh barangnya saja.Bisa terjadi di dunia maya seperti amazon.com
Menurut Waktunya :
• Pasar harian
• Pasar mingguan
• Pasar bulanan
• Pasar tahunan
Menurut ruang lingkupnya :
• Pasar lokal
• Pasar dalam negeri
• Pasar regional
• Pasar internasional
Bentuk-bentuk pasar dapat diklasifikasikan sebagai :
• Pasar Persaingan Sempurna
• Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar Persaingan Sempurna
Yaitu pasar dengan karakteristik :
• Banyak pembeli dan penjual
• Barang bersifat homogen
• Pembeli bebas membeli produk
• Pembeli dan penjual memiliki informasi sempurna tentang pasar
• Produsen/penjual bebas keluar masuk
Kelebihan pasar persaingan sempurna
• Biaya setup tidak mahal sehingga penjual mudah keluar dan masuk pasar
• Barang tersedia banyak
• karena informasi cukup, penjual dan pembeli mencapai kepuasan maksimal
Kelemahanya :
• Penjual tidak bisa memaksimalkan harga karena ditentukan pasar
• Hanya ada dalam kondisi perekonomian ideal
Pasar persaingan tidak sempurna
Pasar Oligopoli
Yaitu pasar dimana penawaran satu jenis barang dilakukan hanya oleh beberapa perusahaan saja. Contohya : pelaku pasar telekomunikasi (operator telepon seluler)
Ciri-ciri pasar oligopoli
• Banyak pembeli
• Hanya beberapa penjual
• Barang bisa homogen atau heterogen
• Ada saling ketergantungan
• Ada hambatan untuk masuk pasar (barrier to entry)
• Penggunaan iklan yang intensif
Pasar Monopoli
Penawaran satu atau beberapa jenis barang hanya oleh satu perusahaan saja. Contoh : PLN untuk listrik, PT Pos Indonesia utk jasa pos.
Ciri-cirinya :
• Terdapat banyak pembeli
• Terdapat satu penjual
• Hambatan masuk pasar
• Produk monopolinya tidak ada substitusinya
Pasar Duopoli
Penawaran satu barang dikuasai oleh dua perusahaan saja.
Persaingan Monopolistic
Adalah pasar dengan banya penjual yang menawarkan satu jenis barang dengan deferensiasi prouk yang berbeda-beda dari segi kualitas, bentuk dan ukuran .Contoh indutri farmasi
• Terdapat banyak penjual
• Jenis barang yang dijual berbeda
• Produsen dapat mempengaruhi harga
• Produsen lain mudah memasuki pasar.
• Promosi penjualan aktif
Oligopsoni
Adalah pasar dimana pembelian suatu barang dilakukan oleh beberapa perusahaan. Contoh perushaan telekomunikaai saat membeli infrastruktur telekomunikasi
Monopsoni, hanya satu pembeli sehingga bisa menentukan harga.contoh KAI membeli infrastrukstruktur kereta api
Duopsoni , pembeli hanyalah dua perusahaan .
0 Comments:
Post a Comment